THE OTHER SIDE OF ME

Senin, 21 Maret 2011

BELAJAR MICROSOFT EXCEL

Time to share..... Materi yang saya tulis kali ini adalah ilmu yang saya dapatkan dari mata kuliah Computer Literacy. hope can make you easy to learn excel..^^
Kata bapak dosen yang terhormat, excel itu seperti sebuah kamar yang punya beberapa ruangan. ruangannya yaitu Sheet Sheet yang terdapat di lembar kerja microsoft excel.
  • Untuk mengubah nama sheet-sheet yang ada di excel, bisa dilakukan dengan cara: Klik Kanan di sheet, lalu pilih Rename
  • Karena microsoft excel umumnya digunakan untuk menghitung, maka ada beberapa simbol yang digunakan, antara lain :
Tanda Tambah (+)
Tanda kurang (-)
Tanda kali (*)
Tanda Bagi (:)
Hal yang perlu diparhatikan ketika mengoperasikan system penghitungan adalah harus didahului dengan tanda sama dengan (=).
  • Cara mudah untuk membuat tabel pada lembar ms. excel, dilakukan dengan cara: Blok Area yang ingin dibuat tabel - Pilih All Borders.
  • Untuk menambahkan jumlah baris atau kolom dilakukan dengan cara: letakkan kursor pada tabel - Klik kanan - pilih Insert - pilih Entire row untuk menambah baris dan Entire column untuk menambah kolom.
  •  Untuk menghapus kolom atau baris, lakukan langkah yang sama seperti di atas. bedenya adalah setelah klik kanan, yang dipilih adalah Delete.
Pembahasan selanjutnya adalah cara membuat table seperti gambar di bawah.

  •  Langkah pertama adalah membuat tabel terlebih dahulu dengan menggunakan langkah-langkah yang sudah ditulis sebelumnya.
  • Selanjutnya adalah menuliskan judul dari masing masing kolom, 1 kata untuk satu kolom.
  • Blok 2 baris yang telah di tulisi judul - klik Border lalu pilih More Border - klik bagian garis yang ingin di hapus, pada tabel ini, garis yang ingin dihilangkan adalah garis bagian tengah.
  •  Untuk membuat judul jadi ke tengah, Blok 2 baris pada kolom pertama yang telah berjudul, klik Marge Cross lalu klik Center. Lakukan hal yang sama untuk kolom 3.
  •  Untuk kolom 2 dan 4, cara membuatnya dengan di Blok (sama seperti di atas), pilih Marge & Center lalu klik Middle Align. jadinya akan seperti gambar dibawah.

  •  Selanjutnya, isi kolom-kolom yang harus diisi secara manual.
  • Angka-angka pada kolom Nomor dapat dibuat secara otomatis tanpa harus ditulis satu persatu. Buat dulu angka 1 dan 2 secara manual - Blok 2 kolom yang telah bernomor - letakkan kursor di sudut kanan kolom yang telah di blok sampai kursor berubah seperti tanda tambah berwarna hitam ( + ) - klik sambil ditahan lalu drag ke bawah sesuaikan dengan banyak angka yang dibutuhkan.
  • Selanjutnya adalah mulai mengisi kolom total dengan menggunakan rumus, Rumus yang digunakan adalah Jumlah Jam Lembur * Upah Per Jam.
  • Karena Proses penghitungan menggunakan 1 sumber (Upah per jam), Maka digunakan F4 untuk mempercepat proses perhitunngan (Tidak perlu menuliskan satu per satu di kolom total).

  • Setelah hasilnya keluar, lakukan hal yang sama seperti cara membuat nomor secara otomatis, mulai dari Klik Kolom sampai Drag ke bawah untuk memperoleh hasil pada semua kolom total.
  • Setelah beres dengan kolom dan segala isinya, waktunya untuk membuat Judul (Kop) yang berada tepat di atas Tabel. Cara membuatnya: Pertama Tulis kata-kata yang diperlukan (UPAH GAJI), Blok Kolom sepanjang kolom Tabel, lalu klik Marge acros, lalu pilih Center.
 Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat pekerjaan yang sama seperti di atas. Postingan yang saya tulis mengacu pada materi yang telah disampaikan oleh dosen saya di kampus.Terserah kepada pembaca, jika langkah-langkah di atas dianggap lebih mudah untuk dilakukan, silahkan dilakukan. Tapi jika pembaca memiliki cara yang lebih simple dan lebih mudah untuk dilakukan, harap bisa berbagi ilmu dengan para pembaca yang lain.Masih Banyak Jalan Menuju ROMA, Explore terus...!Jangan Pernah Berhenti Hanya di Satu Langkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar